Selasa, 21 Desember 2010

AFS tahap 1

Kemaren gara gara ngeliat blog salah satu anak jakarta yang lagi sending program YES ke Amerika, somehow langsung kalang kabut nyari kartu peserta AFS gua, hehe.

Ngomong ngomong masalah afs, pengen share juga nih, sebetulnya dari dulu udah pengen nulis, tapi baru sempet sekarang, hahaha.

Apa sih itu AFS ? AFS stands for American Field Study. Gampangnya mah gini, AFS itu termasuk dalam yayasan Bina antarbudaya Indonesia yang tiap tahun ngirimin siswa siswa pilihan mereka ke negara negara tujuan AFS. Nah apa aja negara negaranya ? Ini dia.....
  1. Amerika Serikat
  2. Jepang
  3. Belanda
  4. Belgia
  5. Italia
  6. Jerman
  7. Prancis
  8. Norwegia
  9. Switzerland
Commonnya gini, jadi AFS itu semacam pertukaran pelajar, dan tentunya harus melewati serangkaian tes, jadi engga cuman yang punya UANG banyak aja yang bisa ke luar negeri. Ok, no offense.

Sekitar tahun 2009 akhir, kakak kelas gua, Teh Risni&Luthfi lagi sibuk sibuknya ngurusin AFS mereka, dan alhamdulillah mereka dapet program YES ( salah satu program AFS yang ngirim the best kids-nya mereka ke Amerika Serikat ). Nah dari situ tuh, mereka berdua nyuruh gua ikutan AFS yang pendaftarannya dibuka sekitar April 2010. Excited banget deh gua, secara gitu, kapan lagi ada kesempatan keluar negeri gratis, dan murni tes ! Habis yang banyak terjadi sekarang tuh, yang berduit lah yang punya kesempatan melihat dunia selain Indonesia ( baca : ke luar negeri ).

And this is how the story goes......

April 2010....
Setelah resmi pendaftaran INAYPsc 2011/2012 Chapter Jakarta akhirnya dibuka, gua dkk nitip ke salah satu temen gua buat beliin formulirnya di Jakarta seharga IDR 35000, but believe me, walopun terkesan agak mahal buat 2 map yang berisi formulir, ini jauh lebih murah daripada formulir SNMPTN, hehehe. This is the start of my struggling actually. Formulirnya ada banyak, dan deg deg-an juga ngisinya, takut salah gitu. Sebelum ngisi mengisi, gua memutuskan buat ngumpulin berkas berkas yang dibutuhin buat ngelengkapin berkas yang antara lain :
  1. Fotocopy Akte kelahiran
  2. Fotocopy Passport ( kalo punya )
  3. Fotocopy rapot SMA semester 1 ( dilegalisir )
  4. Fotocopy rapot SMP ( dilegalisir )
  5. Fotocopy Ijazah ( dilegalisir )
  6. Fotocopy SKHUN ( dilegalisir )
Banyak banget kan yang musti dibutuhin ? yang gua sebutin itu ga cuman 1 copy aja, tapi 3 COPY ! kebayang banget kan ribetnya kayak apa, harus bolak balik ke SMP dulu lah, untung birokrasinya engga ribet. Akhirnya, setelah berhasil dapetin tandatangan berharga Pak Hasan ( Kepsek SMP 1 Cilegon ) dan doa restu beliau&guru2 SMP 1 yang lain, semalem sebelum pengembalian formulir di Kantor Chap Jakarta, gua siap siapin semuanya di map, supaya ga kececeran. Gua dinasihatin Luthfi supaya naruhnya sistematis cs kalo sampe ada yang kelupaan, kakak2 Chap jakarta ga mau tahu dan harus balik lg ke rumah buat ngambil berkas yang kelupaan. Paginya, gua dkk berangkat ke Jakarta, tentunya Bismillah dulu lah, supaya berkas2 dan apa yang gua isi di formulir ini bisa membawa gua pergi ke Luar negeri, hehe, amin :)

2 jam kemudian kita nyampe, dan LAUTAN MANUSIA MEMENUHI KANTOR CHAP JAKARTA. dan usut punya usut, yang ngedaftar di Chap Jakarta ada 1426 pendaftar ! WOW ! AMAZING ! GIMANA NASIB GUAAAAAAAA ? itu yang terbesit di pikiran gua. Dari sekian banyaknya pendaftaran kira kira berapa ya kuota yang dikirim ke LN ? ( LN : luar negeri )
Tapi bodo amat lah, nothing is impossible kan ? MARI KITA BERUSAHA ! yeeeaaaaah !

Alhamdulillah ternyata berkas gua lengkap semua, thank god. Akhirnya gua dikasih kartu peserta yang ga boleh di laminating ! ga boleh ilang ! Ini tuh kayak istilahnya boarding pass-nya kita kalo kita mau naik pesawat. Dan harus dibawa selama tes.


Terus gua dikasih tau kalo tes tahap pertama 9 Mei 2o10 jam 8 pagi di SMA Al Azhar Pusat. Pengumumannya bakalan diumumin tanggal 29 Mei. Lama banget ya ? Tapi gpp deh, secara pendaftarnya paling buaaaanyaaaak dibandingin ama chapter Lain.

Mei 2010, Tes Tahap 1...
Gua dan laskar smansa lainnya berangkat jam 5 dari sekolah pake bis, wehehehe, karena salah satu temen gua ada yang emaknya guru smansa, jadinya dimudahin gitu buat berangkatnya.
Akhirnya 2 jam kemudian kita nyampe. Keliatan banget muke anak anak serada pucet ( termasuk gua ), saking banyaknya peserta, agak hopeless juga, bisa engga ya gua kayak Luthfi&Teh Risni ? dengan bermodalkan Bismillah, gua memasuki ruangan Tes gua. Untungnya sekelas sama Finkie, Ramdhan& Dila, so i'm not the only one dari smansa. Setelah kenalan sama anak anak jakarta yg lain, kakak kakak chap jakarta masuk ke ruangan gua, dan............CANTIK BANGET ORANGNYA ! namanya Kak Karin, dan ada yang namanya Kak Olga yang imut banget. Ohya rata rata, kakak kakak AFS ini dulunya jg pernah sending ke negara2 AFS juga lho.
Tes tahap 1 ada 3 serangkaian tes, yang pertama Tes Pengetahuan umum, Tes bahasa inggris dan Essay. Sempet gugup juga dikasih tau ama Teh Risni kalo PU-nya susah banget. Makanya sebelum hari H, gua emang lebih intensif baca2 koran ato hal2 yang bersifat umum dan agak ga penting juga.

Tes 1 : Pengetahuan Umum.
Ada 100 soal ! dan luckily ga ada sistem minus. Dikerjain selama 2 jam. Wah lumayan lama lah. Terus ada aba aba buat ngerjain soalnya, langsung gua baca soalnya, dan..........................SPEECHLESS. Kok agak susah ? eh salah, KOK SUSAH BANGET YA ? tapi alhamdulillah ada yang pernah gua baca. Jadi gua bisa ngerjain 70 persen dari soal tersebut, walopun agak gambling, toh diisi aja kan mumpung ga ada sistem minus ini :p
Ada soal yang nanyain America's independence day, dengan gampang gua jawab 4 juli. eh tunggu dulu, KENAPA SEMUA OPTIONNYA 4 JULI ????? Matilah gua, ga g tau tahunnya. Akhirnya gua gambling, gua pilih 1776, dan alhamdulillah bener ! hihihi :) Ada juga yang nanyain pertanyaan jayus banget kayak gini, " candi borobudur memiliki 10 tingkatan dimana tiap tingkatan menceritakan relief yang berbeda. Pada tingkatan pertama, reliefnya menceritakan tentang apa ? "
HOLY COW ! mana gua tau, gua ke candi borobudur ga pernah merhatiin relief, paling foto foto doang ! akhirnya gua nyilang option A yang gua g tahu bener/salah, gua tang ting tung sambil baca bismillah wa awalun wa akhirun. Dan ada yang bkin gua terharu banget, waktu itu di rumah temen gua ( Uli ), kita nonton metroTV dan beritanya ada tentang anak kecil yg namanya Bilqis Anindya Pasha yang kena penyakit ATRESSIA BILLER, pokonya terbaring lemah gitu di ruang ICU, entah kenapa walopun nama penyakitnya terdengar engga fammiliar, gua sll inget2 itu. dan guess what ? BERITA ITU MUNCUL DI SOAL PU ! dan gua bersorak di dalam hati, cs semua optionnya mirip2 gitu, kayak " Abressia Biller ", " Atrebsia Tiller" dll :')

Selesai soal PU yang cukup suram, langsung kita ngerjain soal bahasa inggris yang lumayan gampang. Karena gampang, gua berhati hati banget ngerjainnya dibandingin soal2 PU, karena gua banyak yg gambling jadi gua meriksa ulang jawaban cuman 2x doang, hihi :p
5 menit berlalu, gua kaget banget ! temen di sebelahnya sebelah gua udah ngumpulin jawaban ! Ya ampun dewa sekali dia ! sedangkan gua masih ngerjain nomer 5. Terus ada anak di belakang pojok yang baru 10 menit udah mulai terkantuk2 gitu, terus ditanya ama kakak kakak chap jkt, " kamu udah selese ? kok ngantuk gitu mukanya ", dan si cowok itu blg gini, " iya kak udah daritadi " sambil dia beranjak dari tempat duduk&ngumpulin jawaban. ANJIIIIR ! gua shock berat deh jujur, dewa banget bhs inggrisnya, sedangkan gua masih nomer 10 -____- tapi itu ga gua peduliin, gua mencoba fokus, biar ga terburu2 malah ntar jawaban gua banyak yg salah.
At conclusion, emg tes bhs inggrisnya lebih gampang dari soal2 yang dikasih ama guru bahasa inggris di sekolah, hahaha. Alhamdulillah.

Setelah ishoma, akhirnya kita masuk lagi ke kelas buat ngerjain tes terakhir, yakni bikin essay. Kita dikasih kertas folio selembar, dan dikasih 3 topik esay lalu kita mesti milih salah satu. Gua lupa apa aja pilihannya, akhirnya gua milih topik " Apa yang akan kamu lakukan jika kamu dilahirkan kembali ? " Gua tersentuh sama topiknya, mengingat gua ini makhluk berdosa banget, jadi ada lah pikiran kalo gua pengen menebus dosa2 gua dan pengen lebih baik lagi kalo gua dilahirkan kembali.
Sejam kemudia, essay gua udah selesai, dan mencoba figuring out kira2 judul essay gua yang bagus apa ya ? dan.................."DREAM ON ! a gate of hope" menjadi judul essay gua.

Bismillah bismillah bismillah, ya allah semoga gua bisa lolos tahap 1 . Sambil nunggu waktu habis, gua ngobrol tuh ama kakak chap jkt yg namanya kak keitha yang EKSOTIS CANTIK ABIIIIIISSS. Kata kak keitha, buat ntar yang diberangkatin dari chap jakarta ke negara destinasi AFS cuman sekitar 50an dari sekian banyaknya peserta yg daftar, tapi tenang aja, kuota chap jakarta pasti dibanyakin, secara pendaftarnya aja paling banyak. That's a kinda relieving actually, dan akhirnya gua keluar ruangan sambil berdoa, berdoa dan berdoa.....

29 mei 2010, pengumuman tahap 1.....
Deg degan, hopeless, a bit optimist, aaaaaaaaaa bingung ! hari itu gua nungguin pengumuman di website chapter jakarta. Pengumumannya cuman dicantumin nomer perserta doang, hahaha, jayus, itu dia yang bikin nyelekit.

Sampe akhirnya jam 6 temen gua sms kalo pengumuman udah ada dan unfortunately dia ga keterima. Gua langsung buru buru buka website, dan.......................................

( yang dikotakin nomer 57 itu nomer gua, hehe :) ALHAMDULILLAH )

Alhamdulillaaaaaaah ya allah ! Allahuakbar ! gua lolos seleksi tahap 1 dan lanjut ke tes tahap 2 yaitu wawancara bahasa inggris dan kepribadian. Selamat juga buat Azhar&Dea yg juga lolos ke tahap 2.

-to be continued-

Ditulis dengan sepenuh hati,

-ILY-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar