Selasa, 21 Desember 2010

AFS Tahap 2

30 mei 2010, daftar ulang AFS tahap 2...
alhamdulillah, gua, dea&Azhar lolos tahap 1 dan lanjut ke tahap 2. Gua langsung nanya luthfi, seberapa menakutkannya tes tahap 2, yaitu wawancara kepribadian&Bahasa Inggris. Intinya kata luthfi, kalo kita lulus tahap ini, bakalan dimudahin di tahap selanjutnya, dan yang menentukan kita lolos itu WAWANCARA KEPRIBADIAN ( alias pake bahasa Indonesia ) dibandingin wawancara Bahasa Inggris dengan presentase 75% : 25%.
GOSH ! sumpah deg deg-an banget gua, takut salah ngomong, jadi selama perjalanan buat daftar ulang, gua bener2 diem seribu bahasa, kebanyakan mikir. Habisnya gua baca blog anak2 AFS tahun lalu, banyak yang diploncoin di tahap 2 ini, gimana gua engga takut coba ? gua takut disindir, diomongin macem macem, ntar tiba2 nama gua dicoret dari AFS ( lebe ). Soalnya gua ini cablak banget kalo ngomong, kadang asal aja keluar tanpa mikirin sekeliling ( curhat nih ye, wehehe nyadar dong gua mah ).
Back to topic. Dua jam kemudian kita akhirnya nyampe di Limau, Jakarta Selatan. Subhanallah ! kali ini bener bener dikit yang lolos, jauuuuh banget pas daftar ulang tahap 1 yang nyampe seribuan lebih, dan kali ini cuman 270. Disitu bener bener bersyukur banget, Alhamdulillah...
Setelah tandatangan&ngisi tanggal jam dan tempat ujian di Kartu peserta AFS, akhirnya kita semua pulang.

Awal awal juni 2010....
shock. desperate. baru inget kalo wawancara itu H-1 UAS. bener bener shock. cs gua sama sekali belum nyiapin apa apa buat UAS dan lebih milih fokus buat wawancara. Ayah gua juga lebih mendukung gua buat more focusing on the 2nd test of AFS selection. Kebetulan banget pas lagi UAS kenaikan kelas&penjurusan, gua udah berusaha tawakal aja, IPA/IPS gua terima kok :')

5 juni 2010, persiapan wawancara....
Semangat, optimis, relax ! itu pesen ayah ke gua pas H-1 wawancara, akhirnya ayah gua memutuskan buat training gua kalo misalkan kita ditanyain A pas wawancara, teknik jawabnya gimana pas ntar wawancara. Jujur deh itu ngebantu banget, biar kita ntar ga kaget. Terus Ayah bilang kalo sebaiknya gua ngambil yang intensive program aja, JENESYS 2 minggu ke jepang. jadi ntar pas ditanya pengen kemana, jawab aja pengen ke jepang.

Tapi, entah, gua ngerasa kurang sreg aja kalo ke jepang. Dari lubuk yang paling dalam, gua udah mengagumi Eropa dan segala isinya. Sedangkan program ke Eropa itu 1 tahun lho. Artinya kalo kita SMAnya ga ngambil program Akselerasi, SMAnya 3 tahun, tapi enak gitu lho, kita berangkatnya pas udah selese UN, SNMPTN bahkan udah dapet PT. Nah, sedangkan yang anak anak reguler, SMAnya bakalan 4 tahun, ditambah beban UN&SNMPTN. Tapi, rasakan efek dari 1 tahun berkelana di negeri orang ! Dashyat tenan rek', banyak orang2 returnee AFS yang diterima di PTN ternama di Indonesia. Lagian, mundur 1 tahun demi perubahan mah ga sebanding sama pengalaman kita disananya. It's amazing !

6 juni 2010, Seleksi INAYPsc 2011/2012 Tahap 2...
yok mari kita ke jakarta lagi, hehe. Dengan berbekal restu mama, bu kinkin, temen2&Guru2 SMP, gua berangkat pagi pagi banget sama Azhar, cs gua sama dia dapet shift wawancara pagi, sedangkan si dea dapetnya siang. SIAL ! telat banget berangkatnya, jam 6 baru keluar tol serang. Sedangkan wawancara mulainya jam 7. Akhirnya Pak Towi ngebut sampe 160 km/jam dan akhirnya nyampe Limau pas jam 7, hebat hebat.

Bener aja kan, pas ampe sana gerbang SMA Muhammadiyah udah dibuka, kita langsung baris buat ttd daftar kehadiran. Sambil ngambil name tag, gua langsung masuk ke dalam mesjidnya buat nunggu giliran di panggil wawancara.

Setelah nama gua dipanggil gua deg degan setengah mati, entah gua lebay ato apa, tapi deg degan banget. Setelah nunggu lama dan kenalan sama Tiffany ( dari binus serpong ), Chandrika ( SMA 8 jakarta ) akhirnya nama gua dipanggil buat wawancara bahasa Inggris dulu.

Bismillahirrahmanirrahim, ya allah semoga jawaban saya bisa meloloskan saya ya allah, amin :)
Yang ngewawancara gua, kakak kakak cewek cantiiiik banget, eksotis ! Dan ini segelintir wawancara gua sama dua kakak2 eksotis ini :

M : ( narik kursi, sambil nyengir )
KE1 : Hello there, please sit down !
M : Thanks ! ( duduk )
KE2 : So, you're Indira Laksmitha Yasmine ?
M : Yep, or Mitha for short ! ehe ehe ehe ( cengengesan )
KE1: Well my name is X dan she's Y ( sumpah X sama Y itu karangan gua doang, lupa namanya )
M : Hm, ok then.
KE2 : So are you from Cilegon ? Why you go to school which is so far from your house ?
M : Errr, its just because for the first i enroll for IC Serpong, but failed to enter there, and i just realized that SMA 1 Serang also has a good quality as IC's, so i enroll there&thank god i dont have to have the test bcs of my certificate of achievment ( masih agak cengengesan, dan mule rilex )
KE1 : Ah, i see, do you feel exhausted to sit for approx 1 hour for just go to school ?
M : ( anjir ini pertanyaan ngena banget ! ) Exactly kak ! for instance, my butt feels soooo hot for just sit approx within 1 hour, but this is for the sake of my life, if i couldnt make it and just blame everything, my education will be retarded. I do this cs i want to enter FKUI, no matter what,
KE2 : Oh my god, i see, i can feel your butt, hahaha ( ngekek )
KE1 : I hope your dream will come true mitha.

dan bla bla bla bla, gua juga ditanya gua pengen kemana, dan langsung gua jawab ke Jerman dan belanda. Jujur aja, gua emang cinta mati ama 2 negara ini, dari bidang kedokterannya aja udah keren banget, di belanda ada Groningen Universiteit, yang rank kuliah kedokterannya masuk 10 besar di dunia. Di jerman, kedokteran dan alat2nya merajai deh di seluruh dunia. Mereka juga nanya gimana masa kecil gua di Belanda dan apakah gua ngerasa culture shock disana ? hahaha, lucunya lagi gua ditanya apakah gua pernah ngeliat anak kecil kissing each other ? dan gua feeling so pathetic buat inget2 lagi, cs cinta pertama gua ciuman sama temen sebangku gua -____-

Gua ngerasa sukses sama wawancara bahasa Inggris, dan lgsg ngucapin terimakasih sana KE1&KE2 ( Kakak Eksotis 1&Kakak Eksotis 2 ), dan mereka ngomong gini, " I hope we can talk again soon, it's nice to talk with you, Mitha "dan gua langsung mengamini itu. Hahaha. Lalu, gua nunggu lagi buat dipanggil Wawancara kepribadian. Selidik punya selidik, gua dikasih tau Chandrika, kalo kita ntar unjuk bakat gitu, dan dia baru aja Nyinden ! wahaw, it's so rare for teenagers right now. Gua rilex rilex dan rilex, nenangin otak gua, jangan ampe gua salah ngomong pas wawancara kepribadian, cs ini yang nentuin banget kita lolos ke tahap 3 ato engga. Sebenernya ini gua yg lebay lho, ga usah diambil pusing ato ribet, nyante aja kali, kalo nyante ntar bisa create good chemistry pas wawancara ntar, dan implikasinya bisa bagus, yakni, kita lolos tahap 3, hehe.

Bener aja, ga nyampe 15 gua nunggu, nama gua dipanggil. Di ruangan itu ga cuman gua yang diwawancarain, ada anak2 lain yg masih diwawancara. Gua diwawancara sama Kak Djoko ( sebenernya lebih pantes dipanggil bapak ) sama Kak Meisya ( beliau juga lebih enak dipanggil Ibu, saking keibuannya ). Seperti biasa gua senyum senyum cengengesan sok kenal andalan gua. Dan bener aja, akhirnya gua dapet chemistrynya antara gua sama Kak Meisya&Ka Djoko. Untung banget gua ga disuruh unjuk bakat, gua bakalan kelimpungan deh disuruh ngapain. Dan pas wawancara emang lebih kayak ngobrol kayak biasa, berbicara masalah birokrasi di Indonesia, Negara Tujuan AFS, masa kecil gua di Belanda, dan FKUI. Hahaha, gua ditanyain masalah kalo misalkan gua engga keterima di FKUI bakalan gimana gejolak emosi gua ? Ya, intinya gua jawab sebisa gua, dan semantap mungkin.

Selese wawancara, gua bener bener lega, lega setengah mati. Untung banget gua engga freezing pas ngomong. Akhirnya, gua ketemu sama Azhar yang juga udah selese, makan baso dulu bentar, dan.................pulang !

Sayang banget Dea dapetnya shift siang, semoga dia diberikan kelancaran juga, hehehe, Amiiiin

Dalam perjalanan pulang, gua cuman bisa berdoa, semoga tahap ini juga diloloskan, amiiiiiiin


13 juni 2010, pengumuman INAYPsc 2011/2012 tahap 2...
13 ??? Kenapa harus tanggal 13 pengumuman ???? Gosip mengatakan kalo tanggal 13 itu membawa sial, ya allah semoga ga terjadi apa apa ya ya Allah............Amin

Pagi pagi banget jam 5, gua udah bangun, malemnya gua mules setengah mati, ga bisa tidur, takut banget, kepikiran, huaaaaaaaaaaaaaa :'(
Tapi gua langsung melesat ke depan komputer, ngetik www.babjakarta.org, dan berharap semoga ada nomer 57 dinyatakan lolos ke tahap 3, amiiiiiiin.

( cetik cetik, enter, krik krik............BRAAAAKKKK..........ALHAMDULILLAH ! ALLAHUAKBAR ! )
( see that 57 ? alhamdulillah bangeeeet, dan Azhar&Dea juga lolos, ah proud of you too ! :') )



Ditulis dengan sepenuh hati,

-ILY-

1 komentar:

  1. Thank you for your post kaka^^ aku lagi mau tahap ke 2 doain ya hehe (;

    BalasHapus