Rabu, 15 Desember 2010

What's been trembling..........

Hola ! after a hectic week due to UAS, akhirnya bisa posting juga nih.

Hari ini, dibagiin nilai nilai UAS, dan guess what ? SAYA REMED BAHASA INDONESIA. Bahkan nilai rapot buat nyampe KKM ( 72 ) aja ga nyampe buat di bagian teorinya. Ya allah, ironis banget. Kadang juga heran, dimana ya salahnya ? eh ujung ujungnya nile cuman do re mi fa sol ( baca : 1,2,3,4,5 ). Lebih ironisnya lagi, selama ulangan harian emang gua ga pernah lulus sih, nilainya mepet mepet, 67, 70, 67, 70. YA TUHAAAAAAN, bagi gua 72 itu SADIS banget ! tanggung laaaah, bagi yang dapet 70 pasti langsung garuk garuk meja, mukulin kepala, dan langsung teriak, " AAAAARRRRRGGGGHHHH UDAH SIH BU ! LULUSIN AJA ! " dan bagi yang dapet 75 dengan mata bersinar ngomong gini, " Ah standar kok gue, 75 mepet2 ama KKM "

Sebetulnya, kalo dilihat lihat bentuk soal dari Ulangan2 bahasa indonesia itu ga ada bener ato salah. Gimana engga ? teksnya panjang panjang banget, eh pertanyaannya seuprit banget, dan rata rata ditanya, " apakah gagasan utama paragraf pertama ", yak gua dengan pedenya nyilang "B"..........................................dan ternyata jawaban gua salah besar -______-

Disini yang gua pertanyakan, kita kembali ke filosofi " GAGASAN ". Seperti kata bu guru saya, gagasan adalah suatu tema/ide/pikiran, nah suatu abstraksi yang ada di pikiran seseorang ga bisa segampang itu dong dijustifikasikan sebagai suatu hal yang SALAH. kontradiktif banget kan ? Yak itu yang gua ga terima, namanya aja gagasan, ga bisa dibilang absolut salah lah. Misalkan gini, kita lagi ada diskusi gitu buat nentuin baju kelas, pasti kan ketua kelas nanya, " ada yang punya IDE ga ? ", dan setelah itu ada yang ngutarain ide mereka, apakah si ketua kelas dengan jahatnya bilang, " YA ! ELO TUH SALAH ! " wah kacau banget tuh, ahhahaha, bisa digebukin satu kelas ( lebe ).

Nah, kembali ke masalah nilai bahasa indonesia. Gua tau kita harus menghargai guru, yaudah kita terima dengan legowo aja. Ini yang kadang mendorong gua buat mengasah ilmu debat gua, karena ini sebenernya ngelatih kita buat mikir secara logika dan bukan sesuai sama status quo sekarang. Disini gua cuman pengen memutarbalikkan fakta yang udah dikasih, dan ternyata emang ga bisa dibalikkin (?)

satu hal lagi, yang masih gua pertanyakan, kadang gini, pas gua remed, pasti kan sebelum remed bahas soal ulangan yang kemaren, nah pas dikerjain bareng bareng terbukti banget jawaban gua banyak yang mendekati "bener", gua galau deh jujur aja, kayak ngerasa bodoh banget, masa sama bahasa ibu aja mesti remed, dan sama bahasa inggris&jepang alhamdulillah ga pernah remed. Disini letak kesalahan gua, emang gua lebih seneng sama bahasa asing. Darah bahasa mengalir kuat di nadi gua ( lebe ), tapi entah knp ngerasa beban banget ngerjain soal bahasa indonesia yang sebegitu ngejelemitnya, dan malah pas lagi tengah tengah ngerjain, gua langsung ngorok tiba tiba di meja.

Ibu, maafin indira ya bu, saya suka kok sama pelajaran bahasa indonesia, tapi saya lebih suka ke praktikalnya jujur aja, karena dimata saya, bahasa merupakan suatu penerapan dimana kita bisa saling komunikasi, bahasa itu penyatu kalbu, bahasa itu urat nadi dari kelangsungan hidup manusia sebagai zoon politicon, maafin Indira ya bu, saya janji di semester 2 nanti, saya bisa memperbaiki nilai saya.




Ditulis dengan sepenuh hati, di kamar mitha, 19.04, Cilegon, Indonesia

ILY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar