Selasa, 18 Oktober 2011

All About Mathematics.

Since i have AP Calculus class, which is hierarki tertinggi dalam sistem Kasta pelajaran Matematik di Amerika, Aku ngerasa becrot banget deh di kelas ini.

Kenapa ?



Semua gara gara Calculator


dan




Semua gara gara sistem pendidikan Indonesia yang acak acakan




Waktu itu kita belajar limit pas beberapa minggu yang lalu, aku sih ngiranya toh gak ada yang beda dari yg udah kita pelajarin di Indonesia. Eh gak taunya....................

Hampir semuanya diselesaiin pake kalkulator. Semua metode, subsitusi, pemfaktoran, semuanya pake kalkulator !




Puncaknya adalah, ketika waktu itu si Mr. Mansfield ngasih soal limit yg masih dasar yg diselesain di faktorin dan cuman aku yang ngejawab bener.



dan setelah itu beliau ngomong gini,
" Good Job Mitha ! Now, can you show to the class how to solve it with calculator ?"

APA ??!! Calculator ??!!! ini sih pake manual juga bisa !

" Anu......frankly, I can show you manually without calculator, sir....."

dan guru itu langsung ngomong dan I feel so humiliated yet proud

" CLASS ! This is why Asian kids are so Smart ! Although they are so dumb of using calculator ! "


Iya gue bego banget make kalkulator deh mister. Anyway, gue jadi inget kelabakan bikin square root dan panik abis dan sekelas cuman bisa ngetawain semua kekatroan gue dan si kalkulator koneng itu.
Terus, anak anak disini bener bener gak ngerti caranya ngaliin angka manually ! SERIOUSLY ! usut punya usut, temen saya sih bilangnya, kalo ada yang praktis, kenapa gak dimanfaatin ?

Dan kemaren, ada Anak Junior class, namanya Brittany yang dia itu Peer Tutor buat Algebra, dan doski ceritanya kesusahan sama peernya. Kebetulan dia Pre-Calculus ngambilnya, jadi setingkat dibawah aku.
Dia yang langsung nyamperin aku, dan bilang,
" Hi Mitha ! Can you help me with my asses ? ( re : Asses = Assignments )

dan gue termehek mehek sambil bilang,
" Errr, what kind of chapter you would like to ask ?"

" MATRIX !!!! I KNOW YOU CAN DO IT MITHA ! "


At that moment, gue merasa dongo banget, kenapa......mereka udah belajar Matriks ??!!! KENAPA ???!!! Di saat itu gue merasakan gak sistematisnya pendidikan di Indonesia. Dimana pelajarannya tuh gak runtut gitu, dan lebih nitik beratin hitung hitungan dibanding konsep.

Akhirnya, gue berpura pura pengen "Throw Big Water" dan kabur menghindari dia.
Poor you, Brittany :(


Tidak ada komentar:

Posting Komentar